Tuesday, April 26, 2011

Export import database melalui dos(comand)

Tags


Assalamualakum Wr. Wb...
MySql adalah database yang cukup populer dan banyak penggunanya bahkan facebook pernah mengunakannya. MySql saat ini sudah tidak open source lagi karena sudah diakuisisi oleh Oracle. Untuk lebih jelasnya mengenai license MySql silahkan kunjungi situs resminya
www.mysql.com
Bagi kamu yang sudah terbiasa mengunakan  MySql tidak usah hawatir karena komunitas yang dulu mengembangkan MySql sudah membuat pengembangan yang semisal MySql uaitu MariaDB, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi web resminya.
Maria DB
Baca Juga :
Kemarin saat saya mengumpulkan tugas database, banyak dari teman – teman aku yang mengalami masalah, memindahkan databasenya ke komputer dosen. Teman ku melakukan backup database dengan cara mengcopy folder databasenya di path /mysql/data saat mereka memindahkan ke komputer yang lain dan membuka database tersebut terdapat indikasi error pada table – tablenya.
Dan disini saya akan menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan Export dan Import Database kesebuah file .sql melalui Command Prompt (DOS) menggunakan mysqldump.

Sebenarnya cara memindahkan database dari satu komputer ke komputer lainnya tidak hanya dengan cara ini. Kamu juga bisa mengunakan HeidiSQL atau PHPMyAdmin kedua GUI (graphical user interface) tools ini didalamnya sudah ada menu untuk export dan inport database. Tapi bagi kamu yang baru belajar saya sarankan mengunakan CMD, alasannya apa supaya terbiasa dengan script script. Jika kamu nanti bekerja dilingkungan server apalagi server yang digunakan Linux maka script-scrit CMD ini yang digunakan.

Gausah panjang lebar ikuti tutorialnya berikut ini:
  1. Membeckup
    mysqldump [Nama Database] -u [Username] -h [Host] -p [Password] > [Nama File Database].sql
    Contohnya :
    mysqldump perpustakaan -u root -h localhost -p > perpustakaan.sql  
  2. Memanggil kembali pada komputer lainnya
    Dan untuk mengambil atau import database dari sebuah file dengan masuk pada mysql prompt dan buat database yang ingin dibuat:

    1. Buat database baru
      create database [Nama Database];
      Contohnya :
      create database perpustakaan
    2. Mengambil atau import database yang ada ke sebuah file:
    mysql [Nama Database] -u [Username] -h [Host] -p [Password] < [Nama File Database].sql
      Contohnya :
    mysql perpustakaan -u root -h localhost -p < perpustakaan.sql

      
Saya rasa script ini tidak terlalu rumit tinggal dicoba saja, sesuatu yang tidak pernah dicoba tidak akan tau seberapa mudah dan seberapa sulitnya hal itu. Jika masih mentok juga atau error-error terus ya sudah coba saja dengan GUI tools yang saya sebutkan diatas.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Jika ada pertanyaan dan saran silahkan cantumkan pada kolom komentar.

Salam


EmoticonEmoticon