Saturday, April 16, 2011

cara instal ulang notebook acer aspire one gratis



sebener-nya aku nulis artikel ini sekaligu curhat(hahaha.. gelakguling ), soal-nya dulu nasibku sial bgt.. beli netbook acer aspire one, baru sekitar 3 bulan eh.. jadi lambat bgt... xpasti. nyalain-nya aja lama bgt (mungkin klo ditinggal lari keliling lapangan 2 kali, masih tetep loading)
mungkin gara2 sering download, tapi ga pernah scan virus..(maklum, males update-nya sengihnampakgigi)
waktu mau cari tugas, netbook aku nyalain.. eh layar-nya ga nyala.. (tapi tombol power-nya nyala)

keesokan harinya.. aku service, kata si tukang service acer, ga bisa nyala karna sering dimatiin ga pake shutdown malu (hang terus sih..). untung masih garansi, klo gak.. pasti aneh.
skitar 2 minggu, netbook-ku sembuh, tapi masih tetep lambat. kata si tukang servis, mending di install ulang aja.. dg. keras kepala aku bilang, install ulang sendiri aja(seingetku ada software bawaan acer di netbookku namanya Acer eRocevery Management, buat install ulang). sampe rumah, eh.. eRecovery tadi ngadat.. hah. waktu itu jelas bingung.. akhirnya (abis 3 menit meditasi di kamar mandi), aku dapet cara.. install ulang lewat flashdisk.

bagi yg blom tau netbook pasti di bilang "kenapa ga pake CD aja? udah murah, ga ribet lagi.."
perlu kamu tau.. netbook itu biasa-nya ga punya CD-Room. klo notebook sih biasa-nya punya jadi gampang diatasi. besok-nya, aku install ulang lewat flashdisk, ga bisa malah error (denger2, caraini bisa dipake di ASUS EEE PC). karna gagal aku pake Live USB, bisa jalan..! tapi repot 100% (program-nya ga lengkap lagi). jadi aku cuma backup data-nya, terus install ulang di pusat acer. aku cuma backup data ke drive D.

waktu minta install ulang, suruh bayar 50rb!! marah (50rb bisa buat makan siang 17 hari lho.. dah pake minum lagi). walaupun masih garansi, tapi klo install ulang harus bayar. (kata-nya sih asli..around) ya gpp lah.. yg penting bisa bener. kata si pen-servise, di install pake USB ga bisa, soal-nya ga asli acer..(dasar, netbook matre merajuk)

beberapa minggu kmudian.. netbook aku ambil, udah normal lagi. tapi.. blur data2 ilang smua.
padahal penting2 tuh data(padahal bnyak game yg susah2 aku kumpulintension)
partisi-nya juga keubah.. dulu ada 4 drive, sekarang jadi 2.. parah bgt kan. dulu aku kira cuma drive C yg di install ulang... eh malah semua.

1 bulan kemudian.. netbookku jadi lambat lagi..
padahal dah pake antivirus (tapi jarang updatejelir ). mau install ulang lagi tapi sayang.. bayar 5orb lagi.. mending buat beli sate maduragelakguling . sodaraku bilang: "pake CD-Room external aja"
beuh.. CD-Room external itu kan mahal bgt..
mending aku cari cara install ulang lain yg rumit tapi hemat..
nah di google ketemu! ada yg mbahas itu di suatu forum yg kurang terkenal sengihnampakgigi


CARA 1
Start > (All) Programs > Empowering Technology > Acer eRecovery Management
CARA 2

1. restart netbook mu
sebener-nya ga di restart gpp. yg penting kamu ada di posisi sebelum masuk ke operating system (windows xp, vista, mac os, dll.) atau waktu proses boot-up

2. pencet Alt + F10
pas netbookmu nyala.. ada layar item, trus ada tulisan acer warna putih.. pencet pas itu.
disitu proses boot-up, pencet-nya harus bareng.. jari satu dengan yg lain diusahakan kompakgelakguling

3. ikuti instruksi



cara yg aku pake cara 2.. soal-nya, kaya tadi yg aku bilang.. Acer eRecovery Management ku kena virus, jadi cara 1 ga bisa dipake. klo cara 2, walaupun kena virus.. selagi masih bisa ke proses boot-up.. itu ga masalah

2 comments

hal2 apa aja yg mesti di lakuin sebelum dan sesudah instal. Karena takutnya kan klo di format C nya bakalan ilang tuh semua datanya. Trus nasib windows 7 nya gimana? Bakalan ilang atau gimana? Klo ilang sayang krn aseli dan bakalan ribet lg klo mesti nginstal windowsnya karena gk punya dvd eksternal.
Mohon pencerahannya gan. Tolong di jawab ya.
mksh


EmoticonEmoticon